Home » Networking » SAN dan NAS

SAN dan NAS

Recent Comments

Archives

Calendar

February 2017
M T W T F S S
« Apr   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728  

Pengertian SAN dan NAS

  1. SAN (Storage Area Network)
    SAN adalah kependekan dari Storage Area Network. Dari gambar yang didapat dari http://www.allsan.com/sanoverview.php3 kita mendapatkan gambar seperti ini:
    san1
    Pada gambar di atas terlihat bahwa ada suatu dedicated network (jaringan khusus) SAN yang khusus menangani storage. Server-server dapat memanfaatkan storage-storage yang ada dalam jaringan SAN ini. Komputer-komputer yang ada di jaringan LAN tidak dapat menggunakan secara langsung storage yang yang ada di jaringan SAN. Seperti singkatan LAN dan WAN, SAN adalah Storage Area Network yang bisa dipahami sebagai jaringan khusus storage.
  2. NAS (Network Attached Storage)
    Sedangkan NAS adalah Network Attached Storage. Gambar yang kita dapatkan dari http://ipoint-tech.com/network-attached-san2

Pada gambar di atas terlihat bahwa server NAS Storage Server terhubung ke jaringan LAN menggunakan Ethernet Switch. Komputer-komputer yang berada dalam jaringan LAN tersebut dapat menggunkan NAS secara langsung melalui jaringan LAN. Contoh aplikasinya adalah file server.  NAS ini lebih tepatnya dipahami sebagai storage yang dimasukkan(diattach) ke jaringan/network LAN.

  1. Perbandingan SAN dan NAS
    Sedangkan perbandingan dapat dilihat pada http://www.turbotekcomputer.com/resources/small-business-it-blog/bid/58074/Difference-Between-NAS-and-SAN-3-Considerations dengan gambar seperti berikut ini:

DAS (Direct Attached Storage)
Direct-Attached Storage (DAS) merujuk pada sistem penyimpanan digital secara langsung yang terpasang ke server atau workstation, tanpa storage network di antaranya. Dengan kata lain storage yang menempel langsung (point-to-point) pada server atau komputer. Penyimpanan DAS hanya langsung diakses dari host dimana DAS terpasang. Sebuah DAS tidak memasukkan perangkat keras jaringan dan lingkungan operasi terkait untuk memberikan fasilitas dalam berbagi sumber daya penyimpanan secara independen. Termasuk dalam kategori Direct-Attached Storage yaitu apabila menggunakan eksternal storage yang dihubungkan ke channel eksternal SCSI card yang digunakan. Teknologi ini cocok untuk kondisi yang membutuhkan akses cepat ke system disk karena DAS memiliki transfer rate yg sangat cepat antara server dan hard disk. Jadi, banyak aplikasi yang umumnya compatible dengan teknologi ini. DAS juga cocok untuk jaringan yang kecil. Dari segi biaya serta kapasitas media penyimpanan (hard disk), maka teknologi ini masih jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: