Home » Pemrograman Java » Install Apache Tomcat di Netbeans IDE

Install Apache Tomcat di Netbeans IDE

Recent Comments

Archives

Calendar

March 2017
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

 

Dalam menggunakan IDE untuk pemograman Java seperti Eclipse atau Netbeans, khususnya pada pemograman Java Web, ada kalanya IDE yang kita pakai tidak disertakan secara otomatis Application Server untuk pengembangan Java Web. Mau gak mau kita mesti install sendiri secara terpisah Application Servernya, kemudian baru diintegrasikan dengan IDE supaya pegembangan aplikasi nantinya lebih gampang, terutama dalam hal testing aplikasi, kita bisa tinggal run dari IDE, tidak usa deploy manual lagi ke webapps Servernya. Salah satu application server yang sering digunakan dalam Java Web adalah Apache Tomcat.

Maka untuk membatasi pembahasan masalah di posting ini, Application Server yang kita maksud adalah Apache Tomcat (untuk server lainnya di lain kesempatan ya hehehe) dan IDE yang akan kita gunakan dalam sharing ini adalah Netbeans IDE. Kondisi masalahnya adalah IDE yang telah kita download atau akan kita gunakan tidak terbundle secara otomatis Tomcat. Okey.., no problem, kita akan install manual kemudian integrasikan.

Silakan download Apache Tomcat terlebih dahulu disini. pada saat tulisan ini dibuat, Apache Tomcat telah mencapai Versi 6.0.20. Download yang Apache Tomcat Core yang versi zip. Silakan didownload sesuai kebutuhan untuk bisa menintegrasikan dengan Versi Netbeans IDE Anda (untuk Netbeans saya asumsi telah terinstall di komputer dan siap dipakai).

Ekstrak hasil download nya di lokasi yang Anda inginkan, misal di C:\. berikutnya hal yang akan kita lakukan adalah setting path nya:

  • Masuk ke System Properties Windows (bisa dengan klik-kanan icon My Computer di Desktop, kemudian pilih properties, trus tab Advanced) kemudian klik tombol Environment VAriables sehingga muncul jendela baru, atau seperti yang telihat pada gambar dibawah.

 

Berikutnya pada frame System Variables, klik tombol New, selanjutnya pada kolom Variable Name isilah dengan “CATALINA_HOME” dan pada kolom Variable Value isi dengan lokasi dimana program java diinstal dalam hal ini pada “C:\apache-tomcat-6.0.20”, seteleh itu klik OK.

 

Setelah itu cari variable path pada System Variables, kemudian klik tombol Edit. pada kolom Variable Value, tambahkan script berikut di paling akhir :

;%CATALINA_HOME%\Bin

Perhatikan penambahan titik koma (;) sebelum %CATALINA_HOME% harus ada, jika di akhir value Variable Value sebelumnya tidak ada titik koma (;), sehingga kira-kira terlihat seperti gambar dibawah ini :

 

Kemudian klik OK. Setelah berhasil restart komputer Anda bila perlu, test Apache Tomcat dengan cara jalankan program RUN pada Start Menu Windows lalu ketik: catalina run

Jika proses instalasi berhasil maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

 

Testing juga dapat dilakukan melalui browser dengan mengetik alamat url default dari Apache Tomcat yaitu:

http://localhost:8080/

dimana port 8080 adalah port default dari Apache Tomcat, jika instalasi kita berhasil maka akan tampak tampilan di browser seperti dibawah ini:

 

Integrasi Apache Tomcat ke Netbeans IDE

Okey, kita telah berhasil melakukan instalasi (secara manual) Apache Tomcat ke OS kita (Windows), sekarang kita akan mengintegrasikan dengan Netbeans IDE (saya menggunakan Netbeans v.6.5). buka Netbeans, kemudian ke Tampilan Navigasi Services klik-kanan tier (tree) Servers. Kemudian pilih Server Tomcat (Sesuai versi yang Anda download) pada Choose Server. Tombol Name bisa Anda isi atau tinggalkan saja. klik Next

 

Pada kolom Catalina Home, masukan lokasi (path) hasil ekstrak Apache Tomcat Anda, pada contoh diatas: C:\apache-tomcat-6.0.20. Masukan Username & Password jika Anda menghendaki adanya Manager role pada Tomcat Anda, jangan lupa mencontreng Create user if it does not exits jika Anda ada menginput username & password. Jika Tidak, abaikan saja smuanya setelah isi lokasi Catalina Home, selanjutnya klik Finish.

 

Jika berhasil, sekarang di Navigasi Services, di tier Servers sekarang sudah ada penambahan Apache Tomcat. Netbeans IDE Anda sekarang sudah terintegrasi dengan Apache Tomcat. Anda dapat mencoba menjalankannya dengan klik-kanan tier Apache Tomcat tersebut, kemudian Start.

 

Sekarang setiap membuat proejct Web Application yang baru maka pilihan Apache Tomcat sudah dapat anda pilih sebagai Application Server project Anda. Pertanyaannya, kenapa sih mesti susah2 install tomcat manual ke Netbeans IDE? bukannya sejauh ini Apache Tomcat sudah selalu terbundle pada saat Instalasi Netbeans IDE? Well, jika kedepannya tidak selalu terbundle di instalasi Netbeans gimana?hehehe lagipula dengan mengetahui cara install manual , Anda kan bisa update/gunakan Tomcat sesuai versi yang anda mau, jadi tidak terpaku pada versi Apache Tomcat yang disediakan pada saat diinstalasi Netbeans saja. ^^

Dari tutorial diatas sebenarnya saya mensharingkan 2 cara yang dapat dipakai secara terpisah, dimana apabila untuk kebutuhan deploy project ke Server terpisah, Anda bisa menginstall terlebih dahulu Apache Tomcat pada Server tersebut (seperti diatas) sebelum mengopy file *.war project Java web Anda ke folder webapps yang ada di folder Apache Tomcat.  Kemudian jalankan Tomcat dengan command: catalina run. Integrasi dengan Netbeans IDE adalah salah satu cara untuk mempermudah kita dalam membangun aplikasi dan proses testing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: